Jumat, 11 Maret 2011

13 Langkah Jitu Jualan Online Yang Siap Nge-trend Di Tahun 2011 (bag.1)

Posted by Eriksonj 11:11:00 PM, under | No comments

Jualan online? bukan hal baru lagi tentunya. Apalagi kalau anda sering buka facebook. Berbagai jenis iklan produk terpampang di wall anda, baik yang asalnya dari teman anda, atau bahkan dari jaringan teman anda yang tidak anda kenal.
Pertannyaannya, kalau anda adalah si penjual, apakah cara seperti itu sudah membuat produk anda setidaknya dilirik oleh para calon konsumen? Kalau belum, berarti anda masih harus mencoba trik lainnya. Kira2 apa yang bisa bikin lapak anda laku dan dihinggapi para netter?
Tak perlu pusing lagi, karena cara-cara di bawah ini mungkin bisa memberikan anda pencerahan untuk membuat angka penjualan anda naik di bulan berikutnya.

1. Jejaring Sosial

Beberapa waktu mendatang jejaring sosial seperti Facebook masih akan tetap ngetrend di tahun 2011, tidak menutupi kemungkinan akan lahir Facebook-Facebook lainnya yang siap menjadi wadah jualan anda.
Kekuatan tombol Share memang benar-benar ajaib, selain mendekatkan anda dengan para calon konsumen, kemudahannya membuat waktu anda tidak terbuang percuma. Fitur Like This baik terpasang di Facebook langsung ataupun dipasang di toko online anda menggunakan Facebook Connect justru akan membuat produk anda dilirik, artinya produk anda kian populer dimata banyak konsumen. Facebook Chat membuat anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen yang masih ragu dan disitulah anda mulai bisa menggaet konsumen anda.

2. Forum

Di Indonesia, Kaskus masih tetap menjadi Forum Jual Beli yang terus ramai dipadati oleh para penjual dan pembeli. Lagi-lagi kekuatan testimonial memberikan nilai plus bagi para penjual yang sudah melayani pembeli dengan baik.

Rekber adalah bagian tersendiri dalam soal transaksi jual beli, dimana para penjual dan pembeli bisa saling mempercayai, hal ini mengurangi tindak kejahatan dimana ada pihak ketiga yang menampung barang yang dibeli serta sejumlah uang yang akan di transfer. Cara ini memang cukup bagus, mengingat transaksi jual beli online memang sangat rentan dengan penipuan.

3. Mobile Site

Indonesia adalah salah satu negara terbesar sebagai konsumen Blackberry. Tak jarang satu orang bisa memiliki beberapa ponsel berbeda merk sekaligus. Kalau ingin membuat toko online versi mobile, sehingga dengan mudahnya bisa di akses menggunakan ponsel. Semakin banyak yang mengakses tentu akan memperbesar kemungkinan produk-produk anda menjadi laris dipasar online bukan?

4. Location Based Service (LBS)

Mungkin anda juga sudah pernah mendengar atau mencoba Koprol serta FourSquare. Buat anda yang belum tahu, Koprol dan FourSquare adalah dua website yang bisa mengakses keberadaan anda saat ini, kota dimana anda tinggal, tempat yang sedang anda kunjungi dan mengubah status anda di Facebook menjadi Cheked in di lokasi anda berada saat ini.
Kalau di luar negeri fitur ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan diskon bagi para pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. Lalu apa untungnya LBS ini digunakan di toko online? Sama seperti yang dilakukan FourSquare. Anda bisa menawarkan promo-promo di kota anda ketika si calon pelanggan berada dekat dengan toko anda, dan anda bisa menariknya agar mampir ke toko anda melalui promo penawaran khusus.

5. User Friendly

Website toko online yang sederhana tampilannya akan mampu mengundang lebih banyak netter dibandingkan toko online yang penuh sesak dengan gambar-gambar maupun tulisan yang dipampang secara asal-asalan. Semakin sederhana tampilannya, website toko online akan makin mudah digunakan oleh para calon konsumen.

6. Visualisasi Yang Menarik

Masih terkait dengan point 5, visualisasi design toko online yang bagus akan membuat cuci mata para calon konsumen menjadi lebih nyaman. Merekapun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang sudah anda sediakan. Tampilkan juga fitur pembanding produk, dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhannya.
Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan pula rekomendasi produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau yang sudah ia beli. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu.
(continue)...

0 comment:

Posting Komentar

Blog Archive

Blog Archive